PRINSIP DAN TEKNIK MONOPULSE


PRINSIP DAN TEKNIK MONOPULSE
1.      Pendahuluan
Monopulse, yang juga dikenal sebagai perbandingan lobe secara simultan (simultaneous lobing), merupakan teknik untuk menentukan lokasi angular dari target radar atau sumber yang meradiasi. Monopulse digunakan pada berbagai macam tipe radar, dan juga mempunyai aplikasi non-radar. Jika dibandingkan dengan teknik lain untuk menentukan lokasi angular, monopulse mempunyai akurasi yang lebih baik dan juga mempunyai keuntungan lainnya.

Prinsip Umum

Radar biasanya diklasifikasikan sebagai radar pencari (search radar) atau radar penjejak (tracking radar). Search (atau surveillance) radar mencari mencari volume yang ditunjuk di udara untuk mendeteksi target yang mungkin ada. Tracking radar secara otomatis menjaga beam axis-nya menunjuk pada target yang dipilih. Kedua jenis radar ini juga bisa dikombinasikan sebagai mode selectable atau mode time-shared dalam satu radar multifungsi. Monopulse biasanya terdapat pada tracking radar, tapi bisa juga digunakan pada search radar. 
Output dari prosesor monopulse mengindikasikan jarak dan arah di mana target terkena sumbu beam. Output ini dapat digunakan dalam sistem lup terbuka, dalam kombinasi dengan dengan arah beam axis yang diketahui, untuk menentukan sudut target. Atau output dapat di-feedback-kan dalam sistem lup tertutup untuk mengontrol arah beam untuk menjaga sumbu mengarah sedekat mungkin menuju target.
artikel lengkap : http://www.ziddu.com/download/13737848/radar.rtf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar